Tuesday, January 21, 2014

Tips Sehat Dengan Minum Teh, Benarkah?

Beberapa film asal negeri Sakura (Jepang) memperlihatkan pada kita bahwa minum teh bagi masyarakat Jepang bukan hanya sekedar hobi. 

 

Bahkan minum teh sering dikatakan sebagai ritual budaya minum teh yang memiliki aturan aturan tententu yang harus dipatuhi.

 

Di negeri kita, khususnya di beberapa kalangan masyarakat, minum teh menjadi kebiasaan rutin yang masuk daftar wajib dilakukan khususnya di pagi hari. 

 

Beberapa  orang  yang berasal dari Jawa memiliki kebiasaan minum teh dengan cara yang unik dan khas.  Mengapa saya sebut minum teh dengan cara yang unik dan khas? Karena minum teh dilakukan sambil menggigit /menikmati gula  merah asli      dari Jawa yang bentuknya mirip 1/4 kerucut batok    kelapa (saya tidak merekomendasikan anda yang menderita diabetes bila ingin mengikuti gaya minum teh dengan gula merah karena berbahaya untuk kesehatan anda). 

 

Bicara tentang minum teh  tahukah anda bahwa ternyata minum teh sangat baik untuk kesehatan. 

 

Berdasarkan riset  para ahli diungkapkan bahwa minum teh, baik  teh hijau atau hitam dapat menurunkan konsentrasi kolesterol darah dan tekanan darah, sehingga mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.

 

Kandungan cathecin dan ester gallate yang terdapat dalam  teh hijau dapat menurunkan tekanan darah,  mengurangi penyerapan kolesterol usus,, dan menghambat proliferasi sel-sel otot polos aorta manusia. 

 

Bahkan, epigallocatechin gallate yang terkandung dalam teh mampu   memberikan manfaat perlindungan yang paling baik  dan lebih protektif dari manfaat yang diberikan oleh Vitamin E.

No comments: