Tuesday, April 16, 2013

Tidak Bisa Buang Air Kecil (BAK) Pasca Operasi Caesar


 Tidak Bisa Buang Air Kecil (BAK) Pasca Operasi Caesar. Setelah melalui persalinan secara Caesar,  kadang ada beberapa orang  ibu yang  mengalami masalah sangat besar dan relatif berat terutama untuk yang tidak siap secara mental dan keuangan. 

 

 Masalah yang terkadang dihadapi oleh ibu yang usai melahirkan Caesar adalah sulit buang air kecil (BAK). Ketika ibu hamil melahirkan Caesar sang ibu akan dipasangi kateter sebelum operasi, dan kateter  tersebut akan dicabut oleh suster 1 hari setelah operasi Caesar

 

 Pada saat kateter dicabut itulah sang ibu yang baru saja mengalami Caesar dan dicabut kateternya jadi sama sekali tidak bisa buang air kecil. 

 

 Beberapa dokter dan ahli kesehatan ada yang tidak percaya dengan kenyataan bahwa  pasiennya usai melahirkan tidak bisa BAK/Buang Air Seni. 

 

 Bahkan ada dokter dan suster yang sampai berucap ah ibu saja kali yang senang menahan diri untuk kencing. Sebuah sikap ahli kesehatan yang sungguh tidak memiliki empati dan tidak percaya pada kenyataan pahit yang dihadapi pasiennya usai lepas kateter pasca Caesar. 

 

 Kondisi tidak dapat BAK sama sekali, usai ibu hamil melahirkan secara Caesar, bisa dikatakan seperti neraka dunia. Bayangkan perut menjadi gembung, sakit pada kandung kemih yang kalau terus menerus didiamkan akan menyebabkan sang ibu yang tidak bisa kencing tersebut panas dingin dan demam. Wowww rasa sakit yang pasti sangat luar biasa terjadi bila kondisi tidak bisa BAK tersebut dibiarkan. 

 

 Cara  paling mudah dan satu satunya cara yang harus dilakukan,  tapi butuh biaya lumayan untuk mengatasinya yaitu dengan cara  pasang kembali kateter agar sang ibu pasca Caesar tersebut bisa BAK

 

 Kondisi BAK dengan menggunakan kateter tersebut terpaksa dialami dan dijalani oleh seorang ibu yang usai melahirkan Caesar. Selama durasi waktu kurang lebih 1 bulan sang ibu tersebut terpaksa hidup dengan kateter dan membawa kateter kemanapun ia pergi. 

 

 Berapa pembengkakan biaya yang harus ditanggung oleh ibu tersebut sudah tidak perlu dikatakan lagi. Karena untuk menjaga agar kateter tetap steril minimal 4 hari sekali kateter tersebut harus dibuka di rumah sakit dan setelah dibuka bila masih juga sang ibu tersebut tidak dapat BAK, maka ibu tersebut kembali harus dipasangi kateter agar dapat BAk kapanpun tubuhnya memberi sinyal. 

 

 Demikian gambaran nyata bagaimana seorang ibu usai melahirkan Caesar pada beberapa orang terpaksa harus menerima kenyataan tidak bisa BAK dan mengalami kenyataan tragis sekaligus berat. Beruntung bila ibu tersebut memiliki keluarga yang peduli, berempati dan membantunya ….untuk menghadapi kondisi sulit tersebut….

 

 Itulah tulisan saya kali ini tentang masalah Tidak Bisa BAK Pasca Operasi Caesar dan Cara Mengatasinya.  Pada kesempatan berikutnya saya akan menulis obat / cara herbal mengatasi tidak bisa buang air kecil/buang air seni pasca Caesar. Semoga bermanfaat untuk yang saat ini sedang mengalami kondisi yang tidak menyenangkan tersebut.

No comments: