Monday, January 6, 2014

Strategi Awal Memulai Usaha / Bisnis



Tak pernah ada kata mudah untuk memulai sesuatu termasuk untuk memulai usaha / bisnis. Oleh karena itu ketika kita memutuskan untuk mulai melakukan usaha / bisnis maka  yang dibutuhkan  bukan hanya modal, tapi juga strategi bisnis, visi bisnis, kemampuan manajemen financial, skill bisnis, teknik presentasi bisnis, dan ketekunan. 

Tapi  yang tidak kalah penting  dalam memulai usaha / bisnis juga membutuhkan sikap pantang menyerah dan mau belajar dari pengalaman

 

Dengan modal / dana yang kita miliki diawal usaha / bisnis,   kita harus terlebih dahulu  dengan tepat menentukan produk / jasa yang dibutuhkan oleh target market/ target pasar. 

 

Langkah Riset sekalipun riset sederhana harus dilakukan terlebih dahulu untuk menjawab pertanyaan tersebut. Riset ini penting untuk mencegah atau menghindari kegagalan dalam berbisnis. 

 

Seringkali seseorang mengalami kegagalan dalam  memulai usaha / bisnis karena tidak melakukan riset  usaha/ bisnis terlebih dahulu sebelum mulai usaha / bisnis sehingga tidak tahu apa sesungguhnya kebutuhan target market/ target pasar.

 

4 comments:

Unknown said...

Mungkin menurut saya yg paling utama adalah memikirkan usaha apa dan peluang usahanya mas, karena kalo modal jaman sekarang ini yg penting ada yg buat jaminannya :)

Ikubaru's Blogzia said...

makasih atas ilmu kewiraan nya
memang dalam memulai usaha kita harus pantang menyerah dan pintar" mencari pasar yg cocok untuk produk kita..

salah" malah jadi ga laku produk kita..
makasih sekali ya :)

Unknown said...

Terima kasih info nya gan.
kata - katanya kayak guru kewirausahaan Saya :D

Ane sudah belajar jadi Tukang jualan, tapi walau hasilnya tidak memuaskan yah lumayan buat jadi Pengusaha sukses di kelak nanti.

Reza Syahputra Rizal said...

Makasih Untuk Info Nya MAs