Sunday, January 12, 2014

Media Tanam Yang Porous Dan Cocok Untuk Budidaya Pohon Tin


Seperti janji saya yang telah saya sampaikan sebelumnya Disini. Kini saatnya saya membahas mengenai media tanam (metan) yang cocok dan tepat untuk menanam pohon buah tin sehingga mempercepat pembudidayaan/memperbanyak pohon tin. 

Agar dapat tumbuh subur dan optimal pertumbuhannya serta genjah dan cepat berbuah, pohon tin membutuhkan media tanam yang porous atau tidak menyerap air.

Campuran media tanam yang dibutuhkan untuk membentuk media tanam yang porous yaitu:

·         1/3 bagian  Tanah merah atau bisa juga dicampur dengan pasir 

·         1/3 bagian   Sekam Bakar (dapat diperoleh di Toko pertanian)

·         1/3 bagian  Pupuk Kandang (pukan). Pupuk kandang yang terbaik berdasarkan pengalaman saya yang dapat dipergunakan langsung tanpa harus di fermentasi adalah kotoran kelinci (taici) dan air seni kelinci. Tapi bila sulit mendapatkan kotoran kelinci dan air seni kelinci dapat diganti dengan kotoran kambing (taikam) atau kotoran ayam  yang sudah difermentasi hingga matang dan warnanya menjadi hitam. 

 

Langkah dan Cara Pembuatan Media Tanam Yang porous:

·         Campur semua bahan yang saya sebutkan tersebut sesuai takarannya. Aduk hingga rata 1/3 bagian  Tanah merah atau bisa juga dicampur dengan pasir,   1/3 bagian   Sekam Bakar dan  1/3 bagian  Pupuk Kandang (pukan). 

 

Setelah semua media tanam tersebut tercampur dengan rata, maka media tanam tersebut artinya telah siap untuk anda pergunakan untuk menanam pohon tin.

No comments: