Thursday, January 16, 2014

Keuntungan Menanam Blustru / Oyong Di Halaman Rumah


Siapa yang Menanam maka Dialah Yang Akan Menuai Hasil/Panen.  Sejak kecil saya sudah terbiasa menikmati buah dan sayuran dari hasil kerja keras orang tua saya.  

 

Sekalipun ayah saya sibuk bekerja di sebuah instansi, tapi setelah pukul  3 sore sepulang beliau dari kantor) ayah selalu meluangkan waktu untuk pergi ke kebun dan bercocok tanam.  

 

Hasil dari kerja keras ayahanda terkasih di usia 3 tahun saya sudah bisa puas menikmati aneka buah mulai dari rambutan, mangga, belimbing   dan sayuran seperti daun singkong dan bayam serta kangkung

 

Kini di halaman rumah saya yang tidak terlalu luas saya juga coba menanam sayuran seperti sawi dan blustru / oyong/ Emes. 

 

Serunya panen sawi bakso dari hasil tanam sendiri sudah pernah saya rasakan. Mantaap, segar dan menyehatkan karena fresh /segar langsung diambil dari kebun. 

 

Keistimewaan dari sawi hasil tanam sendiri adalah sawi yang saya panen benar benar organik.Nikmat…dan aman dikonsumsi karena ditanam hanya dengan menggunakan pupuk alami (MOL / Mikroorganisma Lokal) tanpa pestisida…..Lezat….Alhamdulillah.. 

 

Kini saya sedang menanti panen perdana blustru / oyong/ Emes. Sebenarnya saya menanam blustru / oyong/ Emes bersamaan dengan saya menanam sawi bakso. 

 

Bedanya sawi bakso sudah bisa saya panen sekitar 30 – 40 hari setelah tanam. Tapi blustru / oyong/ Emes baru akan panen setelah 4 bulan saya menanamnya.  

 

Saya suka dengan blustru / oyong/ Emes karena secara rasional tanaman ini sekali tanam bisa dipanen berkali kali seperti tanaman buah lainnya . 

 

Ini dia penampakanpohon blustru yang merajalela diatas pohon cery ….

 
Pohon Blustru/Oyong/Emes

 Penampakan Bunga Blustru/Oyong/Emes

Bunga Blustru/Oyong/Emes

Buah Blustru /oyong  

Blustru yang sedang dipegang oleh Model


Blustru ini merupakan jenis oyong  yang buahnya berlipat kali lebih besar dari oyong  biasa (lokal) yang dikenal oleh banyak orang. Perbandingannya bisa anda lihat digambar diatas.  Panjang blustru sekitar 40 cm.

 


Buah blustru panjangnya bisa mencapai 1/5 (setengah) sampai 1 meter. Itu berarti dengan masak 1 buah blustru saja sudah bisa dikonsumsi oleh seluruh keluarga

Asyiik kan?... kalau ingin masak sayur bening atau sop tinggal ambil blustru / oyong/ Emes di halaman rumah. Jadi ga perlu repot repot menunggu tukang sayur keliling yang lewat depan rumah.

Keuntungan Menanam blustru lainnya yaitu meneduhkan dan menyegarkan  suasana disekitar rumah.

 

Berkebun di halaman rumah memang indah…..menguntungkan…dan menyehatkan…karena semua sayurannya 100% organik karena ditanam tanpa pestisida….

 

Itulah Indahnya Berkebun Di Halaman Rumah….

1 comment:

Unknown said...

mantap artikelnya bang..tapi apa indah kalo dihalaman rumah?