Friday, June 7, 2013

Menyulap Lahan Beton Menjadi Kebun Buah Yang Nikmat Di Mata Dan Di Lidah


                Menyulap Lahan Beton Menjadi Kebun Buah Yang Nikmat Di Mata Dan Di Lidah.  Pertama kali saya menempati rumah yang saat ini saya huni,  sempat ada rasa heran kenapa penghuni sebelumnya membuat halaman depan rumah semua dilapisi semen/dibeton. Alasannya mungkin agar halaman tidak kotor kala hujan turun di musim hujan.  Tapi rumah dengan halaman beton  sangat jauh dari impian dan  harapan saya.

Tapi nyatanya saat ini saya terdampar dan menghuni rumah yang halamannya gersang  dan jauh dari hijau.  Kala matahari siang panas terik menyengat  aura panas memantul kedalam rumah hingga membuat saya sangat kepanasan, tidak nyaman dan tersiksa. Sebuah kondisi tidak menyenangkan yang kala itu harus segera dirubah. Kalau dulu semasa saya kecil, ayah merubah lahan rumput, sebagian batu cadas  dan alang alang menjadi kebun buah dan tanaman produktif, kini tugas saya untuk menjadikan lahan beton depan rumah berubah menjadi lahan hijau atau kebun  yang penuh tanaman buah.  

Program untuk merubah lahan betonpun dimulai. Langkah Pertama, melubangi lahan beton  dengan linggis,  untuk ditanami pohon jambu pear,  jambu getas merah, jeruk,  dan pohon sheriff. Ukuran diameter lubang untuk menanam setiap pohon sekitar 20 cm  dengan kedalaman sekitar 35-40 cm. Jarak satu lubang dengan lubang lainnya sekitar 2 - 2,5 Meter.

Langkah Kedua, Memasukkan ke dalam setiap lubang  yang sudah dibuat tadi  pupuk kandang (jumlah pupuk kandang  sekitar 1/3  dari ukuran lubang) bisa pupuk kandang dari tahi ayam atau tahi kelinci yang sudah matang  (sudah dibiarkan selama 5-6 bulan atau sampai pupuk kandang tersebut berwarna hitam dan tidak mengeluarkan aroma panas sehingga tidak merusak /membuat tanaman terbakar). Selanjutnya biarkan terlebih dahulu lubang tersebut selama kurang lebih 2 minggu hingga lubang siap untuk diisi tanaman buah.

Langkah ketiga, Masukkan bibit tanaman buah yang telah disiapkan ke dalam lubang yang telah siap tadi. Dianjurkan prose penanaman bibit ini dilakukan di sore hari  jangan di pagi hari tujuannnya kalau sore  tanaman yang baru ditanam tersebut tidak perlu berjuang untuk melawan panas matahari yang terik  disiang hari. Ketika anda memasukkan bibit tanaman ke dalam lubang  dan menimbunnya dengan tanah bekas galian terlebih dahulu campur tanah bekas  galian dengan pupuk kandang yang telah matang dengan perbandingan 5:1 yaitu 5 bagian tanah berbanding 1 bagian pupuk kandang matang.

Langkah Keempat,  padatkan bagian tanah disekitar  tanaman agar tanaman tidak goyang dengan menekan nekan tanah disekitar tanaman. Tujuan dari pemadatan tanah disekitar tanaman adalah agar proses pertumbuhan akar dari bibit  tanaman buah tersebut bisa berjalan dengan sempurna, sehingga akar tanaman tidak terguncang/goyang  dan tidak mengalami gangguan dalam proses pertumbuhannya.

Langkah Kelima, langkah yang juga penting adalah jangan lupa untuk menyiram bibit tanaman yang anda tanam tersebut hingga tanah disekitar tanaman basah. Yang tidak kalah penting  yaitu setiap hari  sebanyak 2 kali yaitu di pagi  dan sore hari,  siramlah bibit tanaman buah dengan air  dari kolam ikan anda (bila anda memelihara ikan)  yang sudah mengandung unsur pupuk atau siram dengan air biasa.
Ok selesai sudah langkah Menyulap Lahan Beton Menjadi Kebun Buah Yang Nikmat Di Mata Dan Di Lidah. Kini saat yang paling tepat untuk saya berolahraga ….sampai jumpa di tulisan saya berikutnya…..

No comments: