Thursday, May 23, 2013

Indahnya Berkebun Buah


JRU. Sejak saya kecil ayah selalu berkata agar kita  selalu memiliki kegemaran  menanam aneka  pohon buah  dikebun /halaman rumah. Setiap pohon yang ditanam dalam beberapa tahun umumnya sudah mulai berbuah  dan menghasilkan supply buah yang bisa dinikmati oleh kami sekeluarga.  Panen dan menikmati aneka buah mulai dari rambutan, kelapa, jambu dan mangga yang ditanam dikebun adalah kenikmatan yang luar biasa. Rasanya benar benar manis dan segarrrr.  Dulu saya tidak terlalu peduli dengan pesan ayah tersebut….terlalu asyiik jadi penikmat buah…. Kini setelah ayah tiada  budaya  menanam pohon buah tersebut benar benar menjadi bagian indah hidup...
Sekalipun halaman rumah hanya seluas 40 Meter tapi didalamnya terdapat aneka pohon mulai dari aneka jenis pohon tin, jambu pear, kelengkeng,  jambu getas merah dan beberapa jenis pohon lainnya. Saat ini hampir setiap 2  minggu sekali,   kami bisa langsung  memetik buah tin matang  dari pohon buah tin yang kami tanam di halaman rumah. Dalam 1 minggu kami bisa panen buah sheriff yang rasanya manis dan menyegarkan. Ketika saya merasa mata mulai perih karena terlalu lama  menatap layar computer,  maka  yang paling jadi favorit saya adalah membuka jendela lebar lebar dan  melihat hijau daun pohon buah yang ada di halaman rumah. Benar benar aktifitas refreshing otak dan mata yang  sangatlah menyegarkan dan menyenangkan. Sepanjang mata memandang yang terlihat adalah hamparan hijau pepohonan yang mayoritas pohon buah.
Dengan perawatan yang baik, aneka pohon buah tersebut dapat tumbuh subur di halaman rumah kami dan relatif  produktif  dalam menghasilkan buah.   Tapi tahukah anda bahwa aneka pohon buah tersebut ditanam diatas lahan beton yang awalnya gersang dan merupakan lahan yang tidak produktif. Tentang lahan beton ini saya akan menceritakan hal tersebut spesial pada tulisan saya  berikutnya….insyaAllah….Kini saatnya saya menghadap yang Maha Kuasa dan mensyukuri semua  anugerah.., kesehatan  dan berkah yang telah diberikannya pada kami sekeluarga. Sampai jumpa di  tulisan berikutnya ya….DISINI.
Pohon Tin Yang Sedang Berbuah





======================================================================================
======================================================================================
 
Anda sedang membaca artikel Indahnya Berkebun Buah
     

2 comments:

Imron's Blog said...

heheheh enak bisa memakan buah hasil sendiri :)

internetmania said...

ya,,enak jg sich klo pnya lahan sndiri buat nanem yg brmanfaat,palagi bisa refreshing.klo aq refresh nya ke kebun za skedar liat hamparan alam yg sejuk.